wellcome

Senin, 31 Oktober 2011

I.Jelaskan apa yang anda ketahui tentang teknologi Input/Output!

TUGAS QUIZ!

1. DVORAK & QWERTY 
>>DVORAK adalah salah satu teknologi suatu susunan tata letak tombol - tombol pada keyboard dan keyboard  DVORAK ini lebih efisien dan mudah digunakan. DVORAK sendiri bisa disebut alat DSK(DVORAK Simplified Keyboard dan dibuat oleh August Dvorak yang di patenkan tahun 1936 beliau adalah seorang profesor dan psikolog pendidik di University of Washington di Seattle bersama seorang temannya William Dealy. Design ini sendiri di klaim sebagai desain yang lebih efisisen, cepat dan lebih ergonomis. Ini adalah contoh tat letak keyboard DVORAK dengan design yang sangat simpel : 


>>QWERTY adalah salah satu teknologi susunan tata letak tombol - tombol pada suatu keyboard. Tata letak keyboard ditemukan oleh E. Remington pada tahun 1874. Kenapa bisa dinamakan QWERTY? Karena tata letak tombol - tombol pada ujung kiri atas keyboard berurutan membentuk susunan huruf Q, W, E, R, T, Y. Kelemahan dari tombol ini jugamembuat tangan kiri kita mudah pegal atau istilah kerennya (over load). haha".. Jenis keyboard ini juga sekarang banyak digunakan pada komputer2 biasa dan lebih populer dibandingkan dengan DVORAK. 


2. OCR, DMR, OpScan
>>OCR (Optical Character Recognition) adalah teknologi scanner yang dapat membaca dokumen yang di tulis oleh tangan. OCR reader sendiri dapat membaca samapai 120karakter perdetik. Beberapa OCR reader masih mampu mengenal karakter yang di baca walaupun 80% dari karakter tersebut tidak jelas. OCR sendiri mempunyai tingkat kesalahan pembacaan yang cukup tinggi yaitu samapai 15% tapi OCR yang sekarang mempunyai tingkat kesalahan pembacaan yang kecil yaitu kurang dari 1% atau tanpa kesalahan sama sekali bila karakter yang di tulis cukup sempurna. Bentuk atau karakter OCR sendiri bermacam - macam ada OCR A, OCR B, dan OCR E, tapi yang lebih populer yaitu OCR A.
>>DMR (Digital Mark Reader) adalah scanner LJK yang biasanya digunakan oleh panitia ujian untuk memeriksa lembar jawaban dengan menggunakan teknologi pengenalan data.

>>OpScan adalah teknologi yang mengedepankan kecepatan membaca data/penscannan dengan jumlah yang banyak.

3. OMR (Optical Mark Recognition)
>>OMR adalah teknologi yang banyak digunakan untuk penilaian test(test scoring). Yaitu dengan menandai kertas Mark sense dengan pensil hitam 2B berbentuk bulatan yang nantinya akan dibaca oleh OMR tersebut. Jadi Panitia tidak perlu memasukan setiap jawaban dari para peserta satu persatu. Hanya perlu memasukan kertasnya saja.

4. MICR(Magnetic Ink Character Recognition)
>>MICR adalah alat pembaca pengenal karakter tinta magnetic. MICR reader biasanya banyak digunakan di bank - bank di Amerika Serikat utnuk transaksi cek.

5. RFID (Radio Frequency Identification) atau identifikasi frekuensi radio
>>RFID adalah sebuah metode identifikasi pengambilan dan penyimpanan data jarak jauh dengan menggunakan teknologi gelombang radio. Biasanya RFID ini digunakan untuk tujuan penelitian/identifikasi hewan ataupun mahkluk hidup lainnya.Label RFID atau transponder sendiri terdiri atas Microchip, silikon dan sebuah antena. Label RFID sendiri ada yang aktif dan yang pasif, Label yang Pasif tidak membutuhkan sumber tenaga. Sedangkan label yang aktif membutuhkan sumber tenaga untuk dapat aktif.


6.ASR(Auto Speech Recognition)
>>ASR adalah teknologi yang mengintputkan suara dengan alat inputnya, gelombang suara yang nantinya masuk akan diterjemahkan atau ditampilkan dalam bentuk sebuah tulisan.

7. CCD (Charge Couple Device)
>>CCD adalah sebuah memori yang terdiri dari ribuan metal bujur sangkar berukuran kecil yang masing - masing dapat menyimpan informasi digit binari dalam bentuk beban elektronik (electric charge).
Sensor untuk merekam suatu gambar yaitu sensor yang terdiri dari sebuah sirkuit yang terintegrasi berisi kondensator yang saling berhubungan atau berpasangan seperti sepasang kekasih cie..ila..ahaha"
Di sirkuit luarnya Kondensator dapat menyalurkan muatan listriknya kepada pasangannya tersebut. CCD banyak digunakan dalam dunia fotografi digital dan astronomi(Yaitu pada fotometri), Optical dan Spektroskopi UV.


8.  CGA, EGA, VGA, SVGA, XGA, SXGA, UXGA
>>CGA, EGA, VGA, SVGA, XGA, SXGA, UXGA adalah teknologi kamera yang mempunyai kelebihannya masing - masing dalam mengambil gambar ataupun menampilkannya perbedaannya terletak pada Resolusi kameranya.
>>CGA (Color Graphics Adapter) mempunyai 4 warna pada Resolusi 320 x 200 Pixel
>>EGA ( Enchanched Graphics Adapter) mempunyai 16 warna pada Resolusi 640 x 350 Pixel
>>VGA (Video Graphics Array) mempunyai 256 warna pada Resolusi 640 x 480 Pixel
>>SVGA (Super Video Graphics Array) mempunyai 16 juta warna pada Resolusi dari 800 x 600 Pixel. Kebanyakan monitor yang di jual sekarang adalah SVGA.
>>XGA (Extended Graphics Array) mempunyai Resolusi sampai 1024 x 768 Pixel
>>SXGA (Super Extended Graphics Array) mempunyai Resolusi sampai 1280 x 10248 Pixel
>>UXGA (Ultra Extended Graphics Array) mempunyai Resolusi sampai 1600 x 1200 Pixel

9. Omnidirectional, Undirectional, Noise Canceling, Echo Canceling
>>Omnidirectional adalah teknologi inputan dari sebuah mikrophone yang dapat menangkap atau merekam suara dari berbagai arah.
>>Undirectional adalah teknologi teknologi inputan dari sebuah mikrophone yang dapat menangkap atau merekam suara dari satu arah saja dan dia tidak sensitif untuk menangkap suara2 yang di daerah sekitarnya.
>>Noise Canceling adalah teknologi inputan dari sebuah mikrophone yang dapat menangkap atau merekam suara tapi dapat menghilangkan suara pada latar belakangnya tanpa harus menghilangkan suara pada tokoh utama. Misalnya menghilangkan suara angin ataupun bunyi berisik pada kendaraan yang lalu lalang. Jadi dapat menghilangkan suara latar dan hanya suara utama saja yang di peroleh.
>>Echo Canceling adalah teknologi perekam suara yang dapat menghilangkan suara gema ketika kita sedang merekam suatu suara. Jadi dapat menghilangkan suara bergema.

10. THX, DDS, Dts
>>THX adalah suatu set kriteria quality control yang mengutamakan kualitas audio sebagai  produknya. Biasanya THX sering digunakan pada bioskop/ movie theater.
Tujuan THX sendiri adalah agar kualitas gambar dan suara yang di putar tidak berbeda dari satu bioskop ke bioskop lainnya. Standar THX pertama kali dipakai untuk film "Return of The Jedi" yaitu THX 1138.

>>DDS(Dolby Digital Sound) adalah teknologi yang dapat menghasilkan suara sound digital.
Teknologi ini biasanya di gunakan pada pemutaran/pembuatan film - film dengan kualitas yang bagus
.
>>Dts adalah sebuah pabrik atau dapur yang bergerak pada bidang sound dan audio dan memformat bentuknya ke dalam kepingan CD untuk Blue-Ray. dan Perusahaan ini juga memproduksi perangkat - perangkat untuk memutar Blue Ray Disc tsb.

11. Pasive Matrix dan Active Matrix
>>Pasive Matrix adalah teknologi untuk tampilan warna pada layar. teknologi ini menggunakan sistem kawat yang berupa vertikal dan horizontal untuk memberi daya pada pixel/ menerangkan sebuah pixel. Tipe layar ini lebih murah dibandingkan dengan TFT(Thin Film Transistor). Teknologi ini juga mempunyai kelemahan yaitu direspon agak  lambat , kualitas tampilan kurang optimal dan kurang terangjika dibandingkan dengan tipe layar active matrix. Biasanya teknologi ini di terapkan pada layar - layar handphone.
Yang menggunakan teknologi Pasive matrix yaitu STN(Super Twisted Nematic), CSTN(Color Super Twisted Nematic)
>>Active Matrix adalah teknologi yangmemanfaatkan teknologi TFT (Thin Film Transistor) yang biasanya banyak di gunakan pada notebook. Layar TFT menggunakan dan menempatkan transistor ditiap pixel layar sehingga mampu dinyalakan maupun dimatikan secara individual. Kualitas gambar yang diahsilkannyapun sanagt baik dengan kecerahan yang baik pula.

12. Dotmatrix, Bubblejet, Deskjet, Impact, Ink-jet, Laser.
>>Dotmatrix(pencetak matrik titik) menggunakan kepala cetak yang berisi sekumpulan jarum besi. Bentuk berupa image atau karakter yang dibentuk dengan kombinasi jarum - jarum membentuk pola -pola yang akan dicetak. Pola dari jarum akan ketukan ke carbon dan akan membentuk pola yang dikehendaki di kertas dalam bentuk matrik 7 baris 5 kolom atau 9 baris 7 kolom atau 9 baris 9 kolom. Kelemahan dari dot matrik adalah kualitas karakter yang kurang baik.
>>Bubblejet adalah teknologi printer yang menggunakan panas untuk memeuaikan tinta yang akan menjadi berbentuk sebuah gelembung sehingga ada tekanan gelembung dan akan mengeluarkan titnta dari nozzle printhead, sehingga tinta akan tercetak pada kertas.
>>Deskjet adalah merupakan sebuah nama merek untuk sebuah printer yang menggunakan kartid cetak swappable yang disimpan di dalam printer agar tidak kering.
>> Ink-jet adalah membentuk karakter / grafik dengan suatu kepala cetak yang mempunyai pipa penyemprot kecil (nozzle) yang menyemprotkan tinta ke kertas. Supaya di dapatkan hasil yang tepat dan benar, tinta yang disemprotkan akan di arahkan ke bidang sasaran oleh satu atau lebih electronic deflector yang mengatur posisi horizontal dan vertikal dari tinta yang di semprotkan. Dan tinta pun akan dialairkan secara kontinu dan apabila tidak dibuthkan maka tinta akan kembali ke kepala cetak. Kualitasnya pun sangat baik, karena Karakter yang dibentuk dari puluhan titik - titik  tinta yang kecil.
>>Laser adalah teknologi pencetakan dengan menggunkan tabung laser sebagai alat atau kepala pencetaknya.

13. LCD, EL, Plasma, CRT
>>LCD (Liquid Crystal Display) adalah layar yang berbentuk pipih. LCD menggunakan lebih sedikit energi dan karena bentuk layarnya yang pipih maka komputer portable sering menggunakan flat panel display. Kelemahan dari LCD ini adalah tampilannya yang kurang jelas apabila jika dilihat dari sudut yang miring, karena LCD mengeluarkan sinar, tidak seperti CRT.
>>EL(Electroluminescent) adalah flat panel display yang mempunyai kemempuan hampir sama dengan CRT yaitu tampilannya yang lebih jelas dan mempunyai resolusi yang lebih tinggi dibandingkan dengan teknologi flat panel display lainnya.
>>Plasma adalah teknologi display layar yang menggunakan tabung gas untuk mengeluarkan cahaya pada layar. Teknologi ini sudah banyak di terapkan pada TV datar berlayar lebar.
>>CRT(Cathode Ray Tube) adalah layar yang berupa tabung sinar katoda yang untuk menapilkan suatau gambar dengan cara ditembakkan/disinari sinar elektron ke suatu titiok layar. Apabila sinar diperkuat maka akan membuat tampilan titik menjadi lebih terang, begitu sebaliknya jika diperlemah maka akan semakin redup/gelap.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Dvorak
http://id.wikipedia.org/wiki/QWERTY
http://sortalok.blogspot.com/2010/01/perbedaan-keyboard-qwerty-dengan-dvorak.html
http://id.wikipedia.org/wiki/RFID
http://febriady.wordpress.com/2011/02/18/charge-coupled-device-ccd/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Comment Please..